Sabtu, Desember 22, 2012

Taman Penyembuhan Hugh Falls : Bentuk Antroposentrisme Berwawasan Lingkungan


Kecenderungan pembangunan dengan orientasi pertumbuhan ekonomi membuat permasalahan lingkungan seringkali diabaikan oleh tokoh-tokoh pembangunan, utamanya di negara-negara berkembang. Ditambah lagi anggapan bahwa ada trade off berupa keuntungan ekonomi yang harus dikorbankan untuk sebuah keputusan pro-lingkungan, membuat kebijakan-kebijakan yang cenderung peduli lingkungan makin sulit ditemukan. Hal ini merupakan akibat berkembangnya paham antroposentris, yakni pengambilan kebijakan didasarkan pada kepentingan manusia yang parahnya sering kali diidentikan dengan keuntungan ekonomi semata. Paham ini yang dewasa ini ditentang oleh penganut deep ecology dan ecosentrisme dimana ekosistem dianggap merupakan aspek penting untuk menjaga keseimbangan kehidupan. Lantas benarkah orientasi terhadap kepentingan manusia berarti menghalalkan pengrusakan terhadap lingkungan? Kasus berikut membuktikan bahwa antroposentris harusnya tidak hanya fokus pada keuntungan ekonomi semata melainkan junga mempertimbangkan kebutuhan manusia akan kelestarian lingkungan hidup.

Taman Penyembuhan Hugh Falls, Rumah Sakit Lake Forest

Taman Hugh Falls merupakan sebuah taman penyembuhan yang di bangun di dalam komplek rumah sakit Lake Forest Illinois, United States. Taman ini dibangun melalui sebuah community project yang diprakarsai oleh The Lake Forest Junior Garden Club bekerja sama dengan pihak Mariani Landscape dan Lake Forest Hospital. Taman ini didisain cocok untuk kegiatansunbathing dan ditujukan untuk penyembuhan badan, pikiran, dan membangkitkan semangat pasien dengan menyediakan taman yang sepi, tenang, dan alami, serta kaya udara segar. Kedepannya, direncanakan pembangunan perpustakaan umum untuk menyediakan bahan bacaan di taman tersebut setelah proyek pembuatan taman ini rampung pada Juni 2011 lalu.

Permasalahan Etika Lingkungan dan Etika Guna Lahan

Tak seperti kebanyakan proyek pembangunan yang menganut antroposentrisme, taman ini dibangun dengan memerhatikan keseimbangan lingkungan sebagai salah satu bentuk kebutuhan manusia. Bagaimana guna lahan rumah sakit didisain sedemikian rupa untuk kepentingan penyembuhan dan kesehatan, sekaligus sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan menjadikan taman ini sangat unik. Dengan kata lain, taman ini merupakan sebuah bukti bahwa tak hanya keuntungan ekonomi yang harusnya diprioritaskan sebagai orientasi utama pembangunan, melainkan juga isu-isu lingkungan yang ikut menyumbang banyak keuntungan yang tidak dinilai dengan uang.

Referensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar